Daftar Makanan Tinggi Purin Yang Harus Anda Hindari Agar Tetap Sehat

Daftar Makanan Tinggi Purin Yang Harus Anda Hindari Agar Tetap Sehat


Daftar makanan tinggi purin dan rendah purin - Bagi Anda yang belum pernah mengidap penyakit urice acid atau dalam bahasa indonesia berarti asam urat  mungkin belum bisa membayangkan rasa sakitnya ya. Perlu anda ketahui bahwasannya penyakit asam urat ini akan sangat menyiksa para penderita nya, yakni dengan rasa ngilu dan sakit yang luar biasa di area persendian.

Penyakit asam urat di antaranya disebabkan oleh asupan makanan yang mengandung purin berlebihan. Untuk mencegah munculnya serangan serta mengembalikan dan menjaga kadar asam urat, dibutuhkan pengontrolan serta pola makan yang pas bagi para penderita penyakit ini.

Diet yang baik untuk penderita asam urat yakni dengan diet rendah purin, cukup vitamin, dan mineral. Diet rendah purin diberi kepada pasien dengan kadar asam urat > 7.5 mg/dl. Tujuannya untuk mencapai dan juga mempertahankan status nutrisi maksimal serta menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah dan urin.

Diet ini musti dijalankan sampai kadar asam urat di dalam darah normal yaitu < 7.5 mg/dl. Diet rendah purin terdiri atas dua macam, yakni diet rendah purin I (1.500 kkal) dan diet rendah purin II (1.700 kkal). Jenisnya disesuaikan dengan keperluan dari tenaga masing-masing para penderitanya menurut berat dan tinggi badan, usia, serta kegiatan.

Terdapat tiga golongan bahan makanan menurut kadar purin yang tidak boleh dikonsumsi dan makanan rekomendasi yang bisa anda konsumsi dirumah, apa saja? berikut daftar makanan tinggi purin dan rendah purin rekomendasi dari kami berdasarkan kelompok nya.



Daftar Makanan Tinggi Purin dan Makanan Rendah Purin




Golongan Makanan I

Bahan makanan yang sepatutnya dihindari karena mengandung 100—1.000 mg purin per 100 gram bahan makanan. Yaitu diantaranya adalah otak, makarel, hati, jantung, tape, ginjal, jeroan, kaldu, bebek, sarden, kornet, remis, alkohol, kerang, minuman beralkohol, dan durian.



Golongan Makanan II

Bahan makanan yang dapat dikonsumsi pada kelompok ll ini mengandung 10—99 mg purin per 100 gram bahan makanan. Diantaranya seperti daging, ikan sapi, ayam (selain yang terdapat pada golongan I), dan udang. Maksimum 50-75 gram atau 1—1½ potong per hari.

Selain itu, bahan makanan lain yang  baik yakni bayam, asparagus, kembang kol, brokoli, daun singkong, kangkung, serta daun dan biji melinjo. Maksimum 100 gram atau satu mangkok per hari. 



Baca Juga : "Lidah Buaya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Wajah dan Kulit Kepala"



Golongan Makanan III

Bahan makanan yang bebas dikonsumsi. Seumpama nya seperti, nasi, ubi, jagung, roti, mi, bihun, singkong, tepung beras, cake, puding, susu, keju, telur, minyak, dan gula. Buah dan sayur seperti sawi, wortel, kemangi, mentimun, oyong, labu siam, dan juga kacang panjang. makanan-makanan tersebut masih lah bebas untuk anda konsumsi.

Silahkan untuk sahabat dimeuli, buatlah menu-menu kuliner yang anda suka menurut golongan dua atau golongan di atas yang merupakan rekomendasi makanan rendah purin dari kami, namun tetap dengan batas-batas maksimal perharinya ya (seperti yang sudah kami tulis diatas). Menu tersebut merupakan daftar menu sehat dan menu yang harus dicegah oleh penderita asam urat.


Sekian mengenai artikel mengenai daftar makanan yang boleh dan yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dirumah dan silahkan untuk dibagikan ke teman, sahabat, kerabat, pacar ataupun keluarga anda yang sekiranya menurut anda membutuhkan artikel ini. 

Terima kasih telah membaca artikel ini.

0 Response to "Daftar Makanan Tinggi Purin Yang Harus Anda Hindari Agar Tetap Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel